RSS

>Kalam Hikmah

12 Jan

>

Ilaahi Lastu lil Fidausi Ahlaa,
Walaa Aqwaa ‘Alaa Naaril Jahiimi
Fahablii Taubatan Waghfir Dzunuubii,
Fainnaka Ghaafirudz Dzambil ‘Azhiimi…

Ya Allah Gusti Pangeran hamba mohon rahmatMu
Hamba sadar tidak pantas jadi penghuni surgaMu
Namun hamba tidak kuat nanggung siksa nerakaMu
Hamba mohon padaMu buka pintu taubatMu

Ya Allah Gusti Pangeran hamba mohon bimbingan
Jalan menuju padaMu sangat banyak rintangan
Hamba tak sanggup menahan segala bentuk goncangan
Bak air menerjang rumah sawah dan ladang

Ya Allah Gusti Pangeran hamba mohon ridhoMu
Melawan hawa nafsu dengan daya upayaMu
Tipu daya hawa nafsu datang tak pernah jemu
Hamba mohon padaMu dg pertolonganMu

1. Jangan berambisi untuk memiliki dan menguasai sesuatu apapun, raih dan cintai sesuatu itu atas dasar memelihara amanat dan anugerah Allah. Oleh karenanya, jika ingin dicintai Allah maka jangan berpaling kepada selain diri-Nya dan jika ingin dicintai makhluk maka jangan mengharapkan yang ada padanya..!!!

2. Bagi orang yang rindu perjumpaan dengan kekasih Allah, hari Jum’at adalah kesempatan untuk memperbanyak baca Shalwat Nabi..!

3. Sabtu adalah hari diturunkannya Nabi Adam dari Syurga dan juga para Syaitan yang selalu mendatangi manusia untuk berbuat kufur kepada-Nya.. Memperbanyak bacaan dan zikir Istighfar adalah sebagai amalan yang paling baik untuk menjernihkan jiwa dan akal pikiran. (

4. Ahad itu bahasa arab yang berarti satu. Maka hari ahad berarti hari pertama dalam putaran sepekan. Mengawali perjalanan hari sebaiknya zikir “SUBHANALLAH” sebanyak mungkin (minimal empat ribu di dalam hati). Semoga Allah memberikan kejernihan hati, jiwa dan akal pikiran dalam perjalanan sepekan mendatang, sehingga dalam menghadapi persoalan hidup tetap bersikap tenang yang pada akhirnya mendapat solusi dari-Nya..!!


5. Hari senin sebagai awal hari dimana orang-orang bergegas menjemput rezeki Allah. Oleh karenanya, jadikanlah kalimat “ALHAMDULILLAH” sebagai zikiran dihari Senin ini. Insya Allah dengan memperbanyak zikiran tersebut, Allah akan melimpahkan rezeki yang berkah dan penuh rahmah..! (

6. Banyak orang yang mempercayai bahwa hari Selasa adalah hari NAAS, sehingga tidak sedikit orang membatalkan untuk bepergian, perayaan bahkan transaksi dalam bisnis. Padahal Allah menciptakan semua hari itu baik. Karenya perbanyak baca TAHLIL yaitu kalimat thayyibah “LAA ILAAHA ILLAA ALLAH”. Yakinilah, hanya Allah dengan kekuasaan-Nya dapat merubah sesuatu jadi atau tidak..!!! .

7. Zikir “ALLAHU AKBAR” pada hari Rabu dapat dijadikan senjata untuk memperdaya segala bentuk ilmu hitam dan sekaligus juga sebagai tameng dari rayuan syaitan..!!!

8. Hari ini (Kamis 9 April 2009) Bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada sebuah pilihan untuk menentukan masa depan Bangsa yang diamanatkan pada wakil rakyat. Pilihan yang paling baik ialah menyerahkan Nasib Bangsa dan Negara hanya pada Allah. Maka sebelum mencontreng bacalah kalimat “LAA HAWLA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYIL ‘AZHIIM.” Jadikan kalimat tersebut sebagai zikiran setiap hari Kamis minimal 4000 X..!!!

9. Serahkan segala urusanmu pada Allah, karena semua urusan muaranya hanya pada kehendak dan kekuasaan Allah. Usaha dan ikhtiar bagi seorang hamba itupun atas dasar kehendak-Nya dan semua kejadian yang berlaku di alam semesta juga atas dasar kekuasaan-Nya. KH4.

10. Mencari teman memang mudah apabila untuk hura-hura, tapi sungguh susah mencari teman untuk menjadi saudara seiman. Berjalan menuju Allah, saling mengingatkan, saling memberi nasihat dalam menghadapi persoalan hidup. Teman seiman ialah saudara Ruhaniah yang menerima dirimu apa
adanya, baik maupun buruk, senang maupun susah..!!!

11. Hidup tak ada yang sempurna, banyak hal yang tak sesuai dengan harapan, tapi yang paling baik dalam menyikapinya ialah: “Menerima apa saja yang Allah turunkan untuk kita walau hal tersebut tak sesuai dengan harapan kita.” (

12. Jangan mengharapkan sesuatu dengan nafsumu, karena sesuatu yang diharap terkadang dapat mengotori dan merusak hati. Jangan pula menolak sesuatu yang datang kepadamu walau dirimu tak menginginkannya, karena yang datang kepadamu bisa jadi baik untukmu dan masa depanmu. Sikap yang baik dan benar untukmu ialah berserah diri sepenuhnya pada Allah, hal itu lebih baik untukmu dalam membersihkan hati dan jiwamu..!!!

13. Hati orang yang beriman adalah rumah Allah yang tak boleh diisi oleh apa atau siapapun kecuali sang empunya rumah. Bebaskan jiwa dan pikiran kita dengan pandangan lurus hanya kepada Allah, agar mata batin kita tetap jernih dalam memandang dan menjalani anugerah besar Allah yang bernama KEHIDUPAN.

14. Secara kodrati manusia dianugerahi nafsu dalam dirinya, yang dapat membawa seseorang menuju kebaikan atau bahkan sebaliknya menuju kesesatan. Oleh karena nafsu bersifat kodrati maka ia tidak mungkin dibunuh dan dimusnahkan, melainkan ditaklukkan dan dikelola dengan penuh kesadaran dan keimanan yang baik agar kita selamat dunia dan akhirat. Salah satu cara menaklukkan nafsu ialah dengan jalan Zikir kepada-Nya..! KEHIDUPAN. .

15. Keinginanmu terkadang tidak sama dengan ketetapan Tuhan. Ketidak puasanmu menerima hidup apa adanya sebagai tanda nafsu telah menguasai jiwa dan hati yang menyebabkan kian jauhmu dari-Nya. Maka kendalikan hawa nafsumu dengan bimbingan syariat dan hakikat agar hati dan ruhmu tetap suci dalam genggaman Tuhan. Yakinilah bahwa apapun yang ditetapkan Tuhan itu pasti baik untukmu.

16. “Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yusuf: 53.

17. Secara fisik setiap manusia memiliki kebutuhan pokok yg tak bisa ditawar yakni Makan, Minum dan Berpakaian agar tubuhnya tidak mudah sakit dan fisiknya dapat berkembang dg baik. Maka demikian pula dg wilayah ruhaniah, juga memiliki kebutuhan yg mesti dipenuhi, yakni Amal Ibadah, Ilmu Agama (Tauhid) dan Zikir (Syuhud). Apabila ketiganya dipenuhi dg baik akan dapat menyelamatkan hidup di dunia maupun akhirat. .

18. Tanda Allah sayang pada hamba-Nya, ialah akan dicobanya dengan kesulitan. Karena dengan kesulitan dan kekurangan maka secara otomatis akan memunculkan daya juang pada diri hamba. Maka berhati-hati dan waspadalah bila selalu diberi kemudahan. Baik itu kemudahan materi, pangkat, maupun kedudukan. Karena setiap yang datang dari-Nya pada hakikatnya adalah anugerah dan juga sekaligus sebagai cobaan bagi hamba.

19. Dunia adalah persinggahan sementara dalam perjalanan menuju kehidupan yang sesungguhnya yakni Akhirat. Oleh karenanya, segala peristiwa suka maupun duka selama menjalani kehidupan inipun bersifat fana atau sementara. Sikap pasrah dan tunduk pada putusan Allah, serta keluasan dan kelapangan hati dalam menjalani dinamika kehidupan dunia ini adalah bekal utama untuk dapat meraih kebahagiaan abadi disisi-Nya (Surga-Nya). KH15 (Kalam Hikmah Senin, 20 April 2009).

20. Sikap sabar dalam menghadapi semua persoalan hidup adalah satu anugerah dari Allah, tidak semua orang mendapat anugerah tersebut. Jika ada sifat sabar dalam dirimu, maka bersyukurlah kepada yg memberi kesabaran pada dirimu yaitu Allah SWT. .

21. Tak ada seorangpun yang terbebas dari persoalan dunia. Dan setiap persoalan yang menghampiri seseorang, sesungguhnya pada ketika itu Allah sedang memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk lebih dekat dengan-Nya. Maka kesabaran dan keikhlasan hamba dalam menghadapi persoalan hidup adalah kunci pembuka pintu untuk berjumpa, bercumbu dan bermesraan dengan-Nya di dalam kenikmatan yang abadi. .

22. Dalam kehidupan, banyak orang yang berusaha menghindari takdir malah ketemu takdir. Usaha menghindar dari sesuatu yang tak disukai malah berjumpa dengan yang lebih tidak disukai. Memang, terkadang sesuatu yang tak disukai nafsu, justeru menurut Allah baik untukmu dan masa depanmu, begitu pula sesuatu yang disukai nafsu, malah menurut Allah tidak baik untukmu dan masa depanmu. .

23. Menghadapi berbagai macam kemelut hidup, terkadang membuat hati lelah, gelisah dan nyaris patah semangat, karena persoalan demi persoalan datang seolah tak kunjung usai. Jangan putus asa wahai anak-anakku, karena Allah tidak akan membiarkanmu terlunta-lunta dalam menghadapinya. Percayalah bahwa pertolongan Allah sangat dekat terhadap orang yang bersih hatinya dan istiqomah mengabdi kepada-Nya. .

24. Memberi disaat mampu itu biasa, yang luar biasa ialah memberi disaat butuh diberi. Pemberian yang hakiki ialah bukan sekedar materi, sikap yang menyejukkan hati dan melapangkan jiwa adalah pemberian yang tak ternilai. Jika tidak bisa memberi dengan materi maka seyum yang tulus adalah bentuk sikap yang dapat menentramkan jiwa bagi yang menerimanya.

25. Hidup adalah rangkaian anugerah dan cobaan. Orang yang berani hidup adalah orang yang tabah, kuat dan sabar dalam menjalani kehidupan dengan segala resikonya. Oleh karenanya, tetaplah waspada dengan meningkatkan ketabahan, daya juang dan kesabaran dalam menghadapi tiap ujian dari-Nya, baik itu ujian berupa kesenangan maupun kesulitan dan musibah.

26. Allah telah mengukur kehidupan yang paling tepat bagi setiap hamba-Nya. Jika tidak puas dengan ketetapan-Nya yang terkadang tidak sesuai dengan nafsumu, hal tersebut hanya akan membuat kian tenggelam dalam kekecewaan dan keputus asaan. Maka satu-satunya jalan adalah berdamai dengan segala bentuk keadaan dan jalani saja hidup ini dengan keimanan seiring budi pekerti yang baik, agar kita selamat dunia akhirat.

27. Apapun yang terjadi pada dirimu adalah sesuai dengan ketetapan Allah, itulah takdir hidupmu! Perlu engkau ketahui, bahwa tak ada satupun makhluk yang bisa merubah takdirmu. Oleh karenanya, jangan takut dan gelisah dalam menerima dan melihat takdir kehidupan dirimu. Percayalah, bahwa Allah memilih yang terbaik untukmu dalam menetapkan takdir perjalanan hidupmu!

28.Ilaahi Lastulil Fidausi Ahlaa, Walaa Aqwaa ‘Alaa Naaril Jahiimi, Fahablii Tawbataw Waghfir Dzunuubii, Fainnaka Ghaafirudz Dzambil ‘AzhiimiYa Allah Gusti Pangeran hamba mohon rahmat-Mu. Hamba sadar tidak pantas jadi penghuni surga-Mu. Namun hamba tidak kuat nanggung siksa neraka-Mu. Hamba mohon pada-Mu buka pintu taubat-Mu.Ya Allah Gusti Pangeran hamba mohon bimbingan. Jalan menuju pada-Mu sangat banyak rintangan. Hamba tak sanggup menahan segala bentuk goncangan. Bak air menerjang rumah sawah dan ladang.Ya Allah Gusti Pangeran hamba mohon ridho-Mu. Melawan hawa nafsu dengan daya upaya-Mu. Tipu daya hawa nafsu datang tak pernah jemu. Hamba mohon pada-Mu dengan pertolongan-Mu

29Kehidupan dunia ibarat lautan nafsu yang sangat dahsyat gelombang ombaknya. Tidak sedikit orang yang tenggelam dalam lautan nafsu karena lalai terhadap Allah. Karenanya, tetaplah berzikir (selalu ingat) pada Allah, kapanpun dan dimanapun agar selamat dunia akhirat. Seperti ikan yang hidup di air laut, kendatipun sekitarnya asin tapi badanya tidak terkontaminasi dengan rasa asin air laut, karena ikan itu hidup

30.Janji Allah pada hamba-Nya ialah: “Barangsiapa yang takwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya, dan memberikan rizki dari sumber yang tiada disangka-sangka; dan barangsiapa yang tawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya), sesungguhnya Allah melaksanakan segala urusan, dan benar-benar Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (Ath-Thalaq: 1-2).

31.Ya Allah Gusti Pangeran mohon keselamatan. Dari tipu daya dunia pengaruh iblis dan setan. Hamba sudah tidak tahan mengahadapi godaan. Yang datang berdendang dengan nada rayuan. Ya Allah Gusti Pangeran hamba simpuh pada-Mu. Hamba yang dhoif dan hina mohon belas kasih-Mu. Kemana lagi mengharap selain hanya diri-Mu. Hamba mohon pada-Mu dengan sifat rahmat-Mu.

32.Setiap manusia diberi kelibihan dan kekurangan untuk saling melengkapi. Menyukuri apapun yg ada pd dirinya sbg tanda orang yg menegerti hakikat diri & Tuhannya.

33.Orang yang selalu menerima nasihat dan berusaha mengamalkannya adalah termasuk golongan orang yang akan meraih sukses dalam kehidupannya, baik untuk hidup di dunia maupun bekal ke akhirat. Berbeda dengan orang-orang kerdil dan picik yang tak perduli dengan nasihat dan fatwa, mereka mudah terperangkap oleh tipu daya nafsunya dan jalan hidupnya pun akan terlunta-lunta, jauh dari kebahagiaan dunia dan akhirat.

34.Astaghfirullah Rabbal Baraayaa, Astaghfirullah Minal Khathayaa, Rabbiizidnii ‘Ilman Naafi’aa, Wawafi’nii ‘Amalan Maqbuulaa.Ya Allah Gusti, ampunilah hamba dari segala dosa dan kekhilafan, hamba mohon bimbingan serta petunjuk-Mu, tuk melaksanakan segala perintah-Mu, dan menjauhi setiap larangan-Mu. Ya Allah Gusti, kuatkanlah hamba dalam mengarungi kehidupan dunia, lepaskanlah hamba dari tipu dayanya, jauhkanlah hamba dari kejahatannya, tetapkanlah hamba dalam pengabdiannya. Ya Allah Gusti, hamba bersimpuh dihadapan-Mu seraya melihat-Mu, hamba mengharap belas kasih-Mu, curahan rahmat-Mu serta rido-Mu yang meliputi perjalanan hidupku. Ya Allah Gusti, sinarilah hamba dengan cahaya-Mu yang tidak menyilaukan, kerinduan hamba tuk jumpa dengan-Mu, kerinduan hamba melihat wujud-Mu, kerinduan hamba pada Nur Nabi-Mu.

35.Jangan berambisi untuk memiliki dan menguasai sesuatu apapun, raih dan cintai sesuatu itu atas dasar memelihara amanat dan anugerah Allah. Oleh karenanya, jika ingin dicintai Allah maka jangan berpaling kepada selain diri-Nya dan jika ingin dicintai makhluk maka jangan mengharapkan yang ada padanya..!!!5 jam yang lalu

36. Serahkan segala urusanmu pada Allah, karena semua urusan muaranya hanya pada kehendak dan kekuasaan Allah. Usaha dan ikhtiar bagi seorang hamba itupun atas dasar kehendak-Nya dan semua kejadian yang berlaku di alam semesta juga atas dasar kekuasaan-Nya.

37.Hidup itu ujian yang harus disikapi dengan kesabaran dan meningkatkan kewaspadaan disetiap persoalan. Hidup wajib disyukuri, karena telah diberi kesempatan menikmati fasilitas-Nya. Hidup adalah perjalanan takdir yang harus diterima dengan penuh kesadaran dan senang menerima apapun yang telah ditetapkan Allah. Shalawat dan Rahmat Allah turun pada setiap orang yang mendapat petunjuk memahami serta mengamalkannya.!!!

38. Jangan sombong dengan status yang ada pada dirimu, karena itu adalah anugerah dari Allah yang setiap saat dapat diambil oleh-Nya tanpa sepengetahuanmu. Syukurilah dengan apa yang ada padamu niscaya Allah akan melimpahkan berkah dalam hidupmu.

39.Hidup ialah perjuangan tuk meraih sesuatu, jangan berhenti sebelum mendapat yang diraih, karena putus asa adalah satu kekalahan dalam perjuangan hidup. Taklukan cita yang dicinta dengan sikap waspada agar tak terkena mara bahaya. Percayalah, bahwa Allah selalu menolong hamba-hamba-Nya yang mempunyai semangat juang hidup dengan sikap Laa Hawla Walaa Quwwata illaa Billaah. Dari-Nya, Dengan-Nya, Untuk-Nya dan Milik-Nya.

40.Sumber penyakit hati ialah SU-UZHON (buruk sangka). Su-uzhon itu virus penyakit hati yang paling berbahaya, karena dengan diawali su-uzhon akan timbul kebencian dan dapat berlanjut pada pembicaraan yang membawa fitnah serta mengakibatkan perpecahan antar teman dan saudara bahkan keluarga terdekat. Waspadalah dengan virus su-uzhon yang menyelinap dalam hatimu, jangan kasih kesempatan su-uzhon berkembang dalam dirimu.!

liqoa.blogspot.com/2009/05/16-30.html

 
Leave a comment

Posted by on January 12, 2011 in CAHAYA QALBU

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: